Tutorial Bahasa Jepang, Bahasa Indonesia, Informasi Wisata & Teknologi

Pantai Samudra Baru Karawang

Jalan jalan ke Pantai Samudra Baru Karawang

Hari ini senin ini (16 jan) kebetulan kantor diliburkan karena ada isu demo besar di Cikarang. Walaupun ternyata demonya dibatalkan.

Rencananya hari ini ingin jalan-jalan ke Karawang, untuk melihat-lihat Balai Perikanan Pandu. Cari-cari celah bisnis dikit ceritanya :)

Mumpung libur di hari kerja, sebelumnya ngurus ini-itu dulu, sampai lewat tengah hari. Cuaca pun cerah sekali setelah sabtu dan minggu kemarin terus-menerus hujan. Anak-anak juga sudah pulang sekolah, jadi diputuskan untuk mengajak semuanya jalan-jalan ke karawang hari ini.

Perjalanan dimulai dari cikarang, sekitar jam 1 siang. Jika anda masuk dari pintu tol cikarang barat, belok kiri ke arah cikarang baru, lemahabang dari situ belok kiri terus ke arah rengasdengklok. Semuanya ditempuh dengan petunjuk GPS dari Blackberry.

Tujuan pertama adalah Tambak Pandu Karawang yang di peta terlihat jelas. Namun sebelumnya sudah cari-cari info beberapa tempat wisata di Karawang, terutama wisata pantai. Dari hasil cari-cari ada 3 pantai yang terkenal di karawang yaitu :
– Pantai Samudra Baru
– Pantai Tanjung Pakis
– Pantai Tanjung Baru

Karena yang kelihatannya dekat adalah Pantai Samudra Baru, diputuskan untuk menuju ke situ setelah mampir dari tambak.

Setelah melewati Lemahabang dan belok kiri, mulai memasuki jalan kecil yang cukup untuk 2 mobil. Namun kondisi jalan tidak begitu buruk karena diaspal dan tidak begitu banyak lobang. Di kanan-kiri nuansa kota proklamasi cukup terasa. Jalan ini nantinya akan melewati kota rengas dengklok yang cukup ramai. Ada CFC di sana dan kita sempat makan dulu di sana. Pasar rengasdengklok cukup ramai dan angkot membuat jalanan sedikit macet.

Setelah melewati pasar Rengasdengklok ada pertigaan dengan jembatan di dekatnya, belok kiri ke Tanjung Pakis, lurus ke arah Sungai Buntu. Sungai buntu inilah tempat Pantai Samudra Baru berada.

Setelah Rengasdengklok jalannya melewati sawah yang terbentang luas di kanan-kiri jalan dan sungai irigasi. Cukup menyegarkan fikiran. Jalan ini akan terus mentok sampai laut. Di sini ada pertigaan dengan AlfaMart & Indomart. Jika belok kiri ke Pantai Samudra Baru, dan jika belok kanan ke Balai Perikanan Tambak Pandu.

Karena bawa anak-anak, akhirnya, diputuskan untuk masuk ke Pantai Samudra Baru terlebih dahulu. Pantai ini sudah dikelola, dan di gerbangnya dikenakan biaya masuk. Pasnya saya lupa, tapi untuk satu mobil, 2 dewasa dan 3 anak-anak total membayar 25.000. Mobil bisa masuk sampai ke pinggir pantai.

pantai samudra karawang

pantai samudra karawang

Pantainya sepi tapi cukup bersih (tidak terlalu banyak sampah seperti di Ancol)
Airnya agak kecoklatan karena dekat muara, tapi di kejauhan airnya makin biru.
Pasirnya bersih dan kerang-kerang yang unik dan bagus-bagus masih banyak. Jika kita keduk pasirnya, banyak kerang 2x yang masih hidup yang bisa dilihat bergerak-gerak mencoba masuk lagi ke dalam pasir saat kita keduk.

Di sepanjang pantai banyak lobang-lobang kecil tempat kepiting bersembunyi. Kepiting-kepiting tersebut juga banyak berkeliaran di pantai dan bisa ditangkapi. Kepiting-kepiting tersebut berukuran paling besar 0.5 cm.

Di sekeliling pantai ada juga toko-toko kelontong sederhana dan restoran tempat jualan ikan bakar. Sepuas bermain di pantai, kita keluar dan melihat-lihat di daerah sekitar. Misalnya tempat pelelangan ikan yang berada di bawah jembatan. Suasananya tenang, dan berbeda dengan daerah pesisir pantai di kota jakarta.

Saat pulang, lebih baik pulang sebelum gelap, karena jalan sampai ke lemahabang minim penerangan dan gelap. Tapi keseluruhan petualangan hari ini cukup memuaskan. Ternyata masih banyak daerah-daerah yang menyenangkan untuk dikunjungi di sekitar Jakarta.

Foto-foto lain:

Pantai Samudra 1

 

Comments are closed.